KLASIFIKASI JASA
Bisnis jasa
yang kami pilih merupakan bisnis
yang memberikan pelayanan jasa pengorganisasian segala aktivitas yang berkaitan
dengan kebutuhan dalam suatu pesta pernikahan. Kalsifikasi produk jasa tersebut
berdasarkan atas tingkat kontak konsumen dengan pemberi jasa sebagai bagian
dari sistem saat jasa tersebut dihasilkan. Dalam hal ini bisnis tersebut masuk
dalam kelompok High-contact system yang man konsumen harus menjadi
bagian dari sistem.
Dan
berdasarkan kesamaannya dengan operasi manufaktur. Produk jasa tersebut masuk
ke dalam kelompok Mixed service, yaitu kelompok jasa dengan tingkat kontak
menengah (moderate-contact) yang menggabungkan beberapa kelompok produk
jasa.
Produk
jasa tersebut memiliki karakteristik yang berbeda dengan barang.
Karakteristiknya sebagai berikut:
1.
Intangibility (tidak berwujud), Jasa tidak
dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar atau dicium sebelum jasa itu dibeli.
2.
Inseparability, umumnya pada aktivitas jasa
proses produksi dan konsumsi terjadi secara bersamaan, dalam arti konsumen
terlibat dalam produksi implikasinya karena kontak dan interaksi menjadi sangat
penting.
3.
Heterogeinity, standardisasisulit dilakukan
karena sangat tergantung kepada sumber daya manusia yang terlibat, sehingga
kualitas sulit dikendalikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar