BAB
VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA
1.
Tujuan Penetapan Harga
·
Survival,
Perusahaan dapat
mengejar kelangsungan hidup sebagai tujuan utamanya jika mengalami kelebihan
kapasitas, persaingan yang ketat, atau keinginan konsumen yang berubah-ubah.
Untuk menjaga agar perusahaan tetap beroperasi dan persediaan terus berputar,
mereka akan menurunkan harga. Selama harga dapat menutupi biaya variabel dan
biaya tetap, perusahaan dapat terus berjalan, tetapi kelangsungan hidup hanya
tujuan jangka pendek.
·
Sales Maximization
Perusahaan ingin
memaksimalkan unit penjualan, karena dengan volume penjualan yang lebih tinggi
akan menghasilkan biaya per unit yang lebih rendah dan laba jangka panjang yang
lebih tinggi.
2.
Metode penetapan harga:
Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan
Metode ini
diorientasikan pada perspektif pelanggan. Metode ini memiliki keunggulan
dibandingkan metode-metode lainnya karena memperhitungkan tiga hal, yakni (a)
pelanggan mengalami kesulitan dalam mendapatkan harga referensi; (b) pelanggan
bisa sensitif terhadap harga-harga yang tercantum (c) pelanggan menilai
kualitas berdasarkan harga. Metode ini menetapkan harga konsisten dengan
persepsi pelanggan terhadap nilai. Dalam metode ini, kami memilih penetration
pricing sebagai alternative pertama kami dalam memberikan pelayanan harga
kepada konsumen, karena terbilang usaha kami masih dalam tahap awal.
-
Penetration Pricing
merupakan
strategi dengan menetapkan harga rendah pada awal produksi, dengan tujuan dapat
meraih pangsa pasar yang besar dan sekaligus menghalangi masuknya para pesaing.
Dengan harga rendah perusahaan dapat pula mengupayakan tercapainya skala
ekonomi dan menurunnya biaya per-unit. Strategi ini mempunyai perspektif jangka
panjang, dimana laba jangka pendek dikorbankan demi tercapainya keunggulan
kompetitif yang berkelanjutan. Ada empat bentuk harga yang menggunakan strategi
”Penetration Pricing”, antara lain;
1.
Harga
yang dikendalikan (restrained price), yaitu harga yang ditetapkan dengan tujuan
mempertahankan tingkat harga tertentu selama periode inflasi.
2.
Elimination
price, yaitu merupakan penetapan harga pada tingkat tertentu yang dapat
menyebabkan pesaing - pesaing tertentu (terutama yang kecil) keluar dari
persaingan.
3.
Promotion
price adalah harga yang ditetapkan rendah dengan kualitas sama, dengan tujuan
untuk mempromosikan produk tertentu.
4.
Keep-out price,
merupakan penetapan harga tertentu sehingga dapat mencegah para pesaing
memasuki pasar.
Metode
Penetapan Harga Berbasis Pesaing
Metode ini berfokus pada harga yang
ditetapkan oleh perusahaan-perusahaan lain dalam pasar yang sama. Metode ini
tidak selalu berarti menetapkan harga yang persis sama dengan pesaing, namun
bisa pula menggunakan harga pesaing sebagai patokan atau pembanding untuk
penetapan harga jasa perusahaan.
Harga Produk
Jenis Paket
|
Harga
|
1.
Paket
Wonderful
|
Rp
80.000.000,-
|
2.
Paket
Elegant
|
Rp
60.000.000 – Rp 79.000.000,-
|
3.
Paket
Exotis
|
Rp
40.000.000 – Rp 59.000.000,-
|
4.
Paket
Simple
|
Rp
30.000.000 – Rp 39.000.000,-
|
5.
Paket
Self Desain in Home ( Sesuai budget konsumen)
|
Under
Rp 30.000.000,-
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar