Selasa, 09 Juni 2015

STRATEGI PENETAPAN HARGA UMMUCI WO



BAB VII
STRATEGI PENETAPAN HARGA

1.      Tujuan Penetapan Harga
·         Survival,
Perusahaan dapat mengejar kelangsungan hidup sebagai tujuan utamanya jika mengalami kelebihan kapasitas, persaingan yang ketat, atau keinginan konsumen yang berubah-ubah. Untuk menjaga agar perusahaan tetap beroperasi dan persediaan terus berputar, mereka akan menurunkan harga. Selama harga dapat menutupi biaya variabel dan biaya tetap, perusahaan dapat terus berjalan, tetapi kelangsungan hidup hanya tujuan jangka pendek.
·         Sales Maximization
Perusahaan ingin memaksimalkan unit penjualan, karena dengan volume penjualan yang lebih tinggi akan menghasilkan biaya per unit yang lebih rendah dan laba jangka panjang yang lebih tinggi.
2.      Metode penetapan harga:
Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan
Metode ini diorientasikan pada perspektif pelanggan. Metode ini memiliki keunggulan dibandingkan metode-metode lainnya karena memperhitungkan tiga hal, yakni (a) pelanggan mengalami kesulitan dalam mendapatkan harga referensi; (b) pelanggan bisa sensitif terhadap harga-harga yang tercantum (c) pelanggan menilai kualitas berdasarkan harga. Metode ini menetapkan harga konsisten dengan persepsi pelanggan terhadap nilai. Dalam metode ini, kami memilih penetration pricing sebagai alternative pertama kami dalam memberikan pelayanan harga kepada konsumen, karena terbilang usaha kami masih dalam tahap awal.
-            Penetration Pricing
merupakan strategi dengan menetapkan harga rendah pada awal produksi, dengan tujuan dapat meraih pangsa pasar yang besar dan sekaligus menghalangi masuknya para pesaing. Dengan harga rendah perusahaan dapat pula mengupayakan tercapainya skala ekonomi dan menurunnya biaya per-unit. Strategi ini mempunyai perspektif jangka panjang, dimana laba jangka pendek dikorbankan demi tercapainya keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Ada empat bentuk harga yang menggunakan strategi ”Penetration Pricing”, antara lain;
1.      Harga yang dikendalikan (restrained price), yaitu harga yang ditetapkan dengan tujuan mempertahankan tingkat harga tertentu selama periode inflasi.
2.      Elimination price, yaitu merupakan penetapan harga pada tingkat tertentu yang dapat menyebabkan pesaing - pesaing tertentu (terutama yang kecil) keluar dari persaingan.
3.      Promotion price adalah harga yang ditetapkan rendah dengan kualitas sama, dengan tujuan untuk mempromosikan produk tertentu.
4.      Keep-out price, merupakan penetapan harga tertentu sehingga dapat mencegah para pesaing memasuki pasar.

Metode Penetapan Harga Berbasis Pesaing
Metode ini berfokus pada harga yang ditetapkan oleh perusahaan-perusahaan lain dalam pasar yang sama. Metode ini tidak selalu berarti menetapkan harga yang persis sama dengan pesaing, namun bisa pula menggunakan harga pesaing sebagai patokan atau pembanding untuk penetapan harga jasa perusahaan.

            Harga Produk
Jenis Paket
Harga
1.      Paket Wonderful

Rp 80.000.000,-
2.      Paket Elegant
Rp 60.000.000 – Rp 79.000.000,-
3.      Paket Exotis
Rp 40.000.000 – Rp 59.000.000,-
4.      Paket Simple
Rp 30.000.000 – Rp 39.000.000,-
5.      Paket Self Desain in Home ( Sesuai budget konsumen)
Under Rp 30.000.000,-

Tidak ada komentar: