Selasa, 09 Juni 2015

PEMASARAN RELATIONAL UMMUCI WO



BAB II
PEMASARAN RELATIONAL DALAM
PEMASARAN JASA
2.1 BENTUK RELATIONSHIP
Kotler dan Keller (2006: 17-18) mengartikan pemasaran relasional dalam artian lebih luas yang memiliki tujuan membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan denagn pihak – pihak inti – pelanggan, pemasok, distributor, masyarakat sekitar dan rekan pemasaran lainnya – guna mengembangkan dan mempertahankan bisnis.
Dari beberapa bentuk relationship marketing, kami sebagai usaha WO memilih bentuk relationship marketing yaitu:
1.      Hubungan Pelanggan (Customer Relationship)
Peningkatan hubungan dengan pelanggan nampaknya menjadi salah satu faktor penting untuk tetap mempertahankan loyalitas pelanggan tersebut. Hubungan yang dibina tidak hanya sekedar hubungan jangka pendek, melainkan hubungan jangka panjang. Ada sedikit catatan bahwa WO yang akan kami dirikan benar – benar terkelola dan menjalankan usaha dengan professional.
Meskipun terlihat sederhana, ada banyak atribut yang harus diperhatikan secara detail dan menyeluruh. Usaha ini merupakan bentuk usaha yang harus komunikatif baik pengelola ataupun tim yang bekerja pada jasa ini. Berhubungan dengan klien langsung adalah kewajiban mutlak yang tidak bisa ditawar lagi.
Memberikan konsultasi bagi setiap keluarga atau pasangan mengenai konsep acara pernikahan, antara lain untuk pemilihan gedung, undangan, souvenir, proses lamaran/ seserahan, pesta adat, akad nikah, hingga konsultasi keuangan untuk mengadakan pesta yang berkesan meskipun dengan badget terbatas adalah salah satu strategi pemasaran, memberi rekomendasi-rekomendasi terbaik, pilihan gedung yang harganya variatif agar pelanggan percaya dan merasa sangat puas dengan jasa yang diberikan oleh usaha WO kami.
2.      Kemitraan dengan Pemasok (supplier partnership)
Tidak ada satu perusahaan pun yang mampu menjalankan aktivitasnya tanpa keterlibatan para pemasoknya. Begitu banyak pemasok yang telah menjadi mitra kami baik sebagai pemasok barang maupun penyedia jasa sehingga membutuhkan suatu pengelolaan yang efektif. Efektif berarti kita mempunyai prioritas dalam mengelola hubungan bisnis dengan pemasok barang dan penyedia jasa.
Adapun kami untuk membangun kemitraan dengan pemasok yaitu:
·         Kami menjalin kemitraan dengan pedagang bunga hidup untuk kebutuhan dekorasi pengantin dan tambahan aksesoris untuk hiasan pengantin.
·         Menjalin kemitraan dengan Rias Pengantin, Pihak penyewaan gedung, Catering, jasa dokumentasi, pembuatan souvenir dsb.
3.      Kemitraan Internal ( Internal Partnership)
Karyawan merupakan aset penting yang dimiliki setiap perusahaan/ usaha. Sekalipun tidak mempunyai pengaruh besar dalam proses pengambilan keputusan, karyawan adalah aset yang paling banyak kuantitasnya dalam perusahaan. Oleh karena itu perusahaan harus dapat mengetahui dan memahami benar apa yang menjadi hak-hak karyawan.
Hal yang dilakukan untuk menjaga hubungan dengan karyawan yaitu:
·         Komunikasi lancar dengan karyawan
·         Memperhatikan karyawan
·         Memenuhi hak keryawan
·         Melibatkan karyawan dalam pengambilan keputusan (menampung aspirasi karyawan)
4.      Bentuk lainnya, hubungan dengan masyarakat di sekitarnya, hubungan dengan lembaga keuangan bank ataupun non bank, dll
Jika lokasi pesta tersebut terletak di gedung maka tidak terlalu repot untuk kami meminta izin ke pengurus desa cukup terbantu oleh pihak gedung. Maka sebaliknya, jika lokasi terletak di desa atau yang dekat dengan pemukiman masyarakat, jelas kami harus meminta izin terlebih dahulu bersama pihak yang bersangkutan. Karena ini dilakukan demi keberlangsungan acara juga jangan sampai menganggu kenyamanan masyarakat. Bisa dikatakan saling menjaga hubungan baik.
Kemudian hubungan dengan pihak lembaga keuangan. Setiap usaha tidak bisa berjalan dengan baik jika tidak adanya modal, banyak wirausahawan yang membuka bisnis dengan meminjam modal kepada pihak bank. Maka usaha yang kami jalankan pun tidak lepas dari itu. Tetapi kami hanya membutuhkan seperlunya saja, karena mengingat usaha kami hanya beroperasi pada bulan –bulan tertentu.

Tidak ada komentar: